IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATAKULIAH KALKULUS MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK KEDIRI

Ratna Widyastuti

Abstract


Hasil belajar mahasiswa jurusan teknik informatika pada matakuliah kalkulus tidak menunjukkan ketuntasan belajarnya. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain: faktor internal yang bersifat psikologis dan faktor eksternal yaitu proses belajar mengajar di sekolah, sosial dan situasional. Berdasarkan pengalaman peneliti mengajar di Politeknik Kediri, lima puluh persen dari total mahasiswa dalam satu kelas tidak dapat mencapai batas nilai minimal kelulusan. Perbedaan hasil belajar yang mencolok dapat diindentifikasi menjadi gejala kesulitan belajar yang dialami oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa pada materi-materi dalam matakuliah kalkulus. Diharapkan dari hasil identifikasi dapat ditentukan langkah antisipasi sedini ungkin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Kesulitan belajar yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah (1) kesulitan mahasiswa mengkoneksikan antar konsep dalam matakuliah kalkulus yaitu teori himpunan-sistem bilangan real-relasi dan fungsi-limit dan kontinuitas fungsi-diferensial-aplikasi diferensial, (2) kesulitan dalam melakukan operasi aritmetika terutama operasi pada bentuk aljabar dan fungsi, (3) kesulitan mendeskripsikan objek secara visual, dan (4) kesulitan dalam melakukan prosedur pengerjaan soal bentuk verbal yang berkaitan dengan aplikasi fungsi dan turunan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah identifikasi kesulitan perlu dilakukan sedini mungkin setelah materi tersebut diajarkan sampai diperoleh sebuah kesimpulan sehingga dapat dijadikan pertimbangan bagi dosen untuk mengantisipasi kesulitan pada bagian-bagian tertentu.Kata kunci: identifikasi, kesulitan, belajar matematika kalkulus

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.