EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BABUSSALAM PAGELARAN

Mastu Mastu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika di SMP Babussalam Pagelaran. Penelitian dilaksanakan di SMP Babussalam Pagelaran dengan pendekatan deskriptif kuatitatif. Subjek penelitian yaitu guru matematika dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu efektivitas pembelajaran matematika di SMP Babussalam Pagelaran masih rendah. Hal ini terbukti bahwa proses pembelajaran matematika tidak efektif karena guru sering tidak masuk sekolah. Apabila guru masuk sekolah  proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, strategi dan sarana penunjang pembelajaran matematika menarik yang dapat melibatkan peserta didik untuk belajar matematika secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Selama pembelajaran matematika peserta didik hanya mencatat dari buku paket. Materi yang diterima peserta didik tidak maksimal. Peserta didik tidak dapat memahami dan menguasai setiap materi dengan maksimal. Peserta didik juga tidak mendapat tugas rumah dari guru, Sehingga hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), dan ujian akhir sekolah jauh di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM).Kata Kunci: Efektifitas, Pembelajaran dan Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.