Efektivitas Model Aptitude Treatment Interaction Pada Pembelajaran Matematika

Titis Meriyana Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada pembelajaran matematika yang dapat ditunjukkan dari motivasi dan minat belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMK PGRI Sumberpucung dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek  penelitian yaitu peserta didik kelas X APK. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar angket dan lembar tes hasil belajar (tes kemampuan siswa, pre-test, post-test, dan tes uji kompetensi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ATI efektif dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan motivasi dan minat belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ATI. Sedangkan apabila dilihat dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa model pembelajaran ATI efektif digunakan dalam pembelajaran matematika karena jumlah siswa yang tuntas yaitu 75,7% (39 siswa).Kata kunci: efektivitas, motivasi dan minat, Aptitude Treatment Interaction

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.