Efektifitas Pendekatan Komunikatif Model TTW (Think – Talk – Write) Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Furian Bambang Suryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan pegaruh model TTW terhadap komunikasi matematis siswa. Penelitian dilaksanakan di SMK Sunan Kalijogo Jabung dengan pendekatan deskriptif kuatitatif. Subjek penelitian yaitu guru matematika dan peserta didik kelas X Multimedia. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes komunikasi matematis. Hasil dari penelitian yaitu efektivitas  model TTW pada pembelajaran matematika di SMK Sunan Kalijogo Jabung sudah cukup baik. Hal ini terbukti bahwa proses pembelajaran matematika sudah cukup efektif dan guru selalu berusaha menggunakan model pembelajaran matematika menarik yang dapat melibatkan peserta didik untuk belajar matematika secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Kemampuan komunikasi matematis siswa sudah cukup baik ditinjau dari pemahaman terhadap soal matematika, menjelaskan langkah-langkah dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan dengan bahasa atau kata-kata siswa sendiri, memberikan alasan yang sesuai dalam menyelesaikan persoalan matematika yang ada, dan menjelaskan ide, situasi atau relasi matematika dengan gambar atau aljabar.Kata Kunci: efektifitas pembelajaran, pendekatan komunikatif, model TTW, komunikasi matematis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.