KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 9 SAMARINDA

Trisnawati Trisnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penggunaan internet sebagai sumber belajar pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang dihasilkan melalui tes hasil belajar dan angket, data kualitatif yang berupa hasil wawancara. Data penelitian ini berupa hasil tes belajar siswa, hasil angket motivasi, hasil angket respon belajar siswa, dan hasil wawancara, sedangkan metode yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan studi dokumenter.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dengan jumlah 65 siswa. Dalam penelitian diperoleh hasil tes belajar menunjukkan prosentase ketuntasan pada kelas XI IPA-1 adalah 87,10% dan kelas XI IPA-2 adalah 85,25% dari kriteria pencampaian hasil belajar kedua kelas menghasilkan kriteria amat baik. Hasil angket motivasi siswa dalam pembelajaran matematika dan respon siswa terhadap internet tergolong tinggi. Dengan rata- rata persentase angket motivasi sebesar 78,89 % dan rata- rata persentase respon sebesar 79,80 %, hasil wawancara menyimpulkan bahwa siswa senang jika internet digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran karena dengan internet siswa bisa mengerjakan tugas-tugas mereka dengan cepat tanpa harus membuang waktu lama.Kata kunci: Keefektifan, Internet, Sumber Belajar, Pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.