DAMPAK MASUKNYA LISTRIK DI DESA MUARA PASIR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 7 TANA PASER

Mistakartarita Mistakartarita

Abstract


Penelitian ini dilakukan di desa Muara Pasir Kabupaten Paser, salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis perubahan prestasi belajar matematika setelah masuknya listrik dua tahun terakhir di desa Muara Pasir, 2) mengetahui seberapa besar pengaruh masuknya listrik di desa terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP 7 Tana Paser. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif dengan Desain deskriptif, yaitu penelitian yang memberi gambaran secara cermat mengenai individu atau kelompok tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi. Pelaksanaan penelitian dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Rangkaian kegiatan yang dilakukan ialah : 1) Melakukan observasi di desa Muara Pasir, meliputi observasi objek penelitian 2) Membuat instrument 3) Menentukan responden yang akan digunakan 4) Memberikan kuisioner kepada responden 5) Mengumpulkan kuisioner dari responden 6) Mengolah dan menganalisis data dari responden untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masuknya listrik di Desa Muara Pasir berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 7 Tana Paser. Prestasi belajar matematika siswa dilihat dari hasil UN  tahun 2006 dan 2007 dan UN tahun 2015 dan tahun 2016. Masuknya listrik di desa tersebut berakibat mudahnya akses jalan dan komunikasi yang menjadikan perubahan social budaya masyarakat setempat. Perubahan pola pikir siswa dalam berinteraksi social, media hiburan, dan ketersediaan guru sangat mempengaruhi menurunnya prestasi belajar siswa SMP Negeri 7 Tana Paser, khususnya prestasi belajar matematika.  Kata kunci : Listrik, Prestasi Belajar Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.