ANALISIS SOAL ULANGAN HARIAN MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA HIGH ORDER THINKING SKILL PADA TAKSONOMI BLOOM (STUDI KASUS SMAN 1 BALIKPAPAN)

Agustina Rahayu

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian soal ulangan harian Matematikadi SMA Negeri 1 Balikpapan yang sesuai dengan standar High Order Thinking Skills menurut standar Taksonomi Bloom. SMAN 1 Balikpapan adalah sekolah yang merupakan sekolah piloting Kurikulum 2013 dimana pada Kurikulum 2013 menekankan pada kualitas soal yang bukan hanya soal rutin namun soal yang menuntut berfikir pada level tertentu pada Taksonomi Bloom. Pendekatan penelitian yang digunakan pada tulisan ini adalah kualitatif dengan jenis deskripstif. Subjek penelitian tiga guru bidang studi Matematika di kelas X dan kelas XI. Data berupa Soal Ulangan Harian yang disusun oleh guru yang bersangkutan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi soal-soal yang dimaksudkan dan kemudian di analisis berdasarkan ketentuan soal High Order Thingking Skill menurut standar Bloom. Kata Kunci: Taksonomi Bloom, HOTS,Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.