ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA GEOMETRI

Sumiati Sumiati

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan representasi matematis siswa pada geometri, khususnya pada materi segiempat. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Rejoso dengan pendekatan kualitatif dan subyeknya adalah enam orang siswa kelas VII. Pengumpulan data penelitian ini dokumen dan wawancara yang berkaitan dengan representasi matematis pada materi segiempat. Adapun indikator representasi matematis yang digunakan adalah 1) persamaan ekspresi matematis, meliputi membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain yang diberikan dan  menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis; 2) kata-kata atau teks tertulis, meliputi menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata, dan menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi matematis siswa kelas VII SMPN 2 Rejoso pada indikator yang pertama tergolong rendah, karena siswa tidak membuat model matematika dari representasi lain yang diberikan dan  menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis. Sedangkan pada indikator yang kedua juga tergolong rendah  karena dalam menjawab soal tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata, sehingga permasalahan pun tidak dapat diselesaikan.Kata Kunci: representasi matematis, geometri.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.