Analisis Penggunaan CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran Matematika

Yanti Afrani Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan CD interaktif sebagai media pembelajaran matematika di SDN 016529 Bandar Pasir Mandoge. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV di SDN 016529 Bandar Pasir Mandoge. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan CD interaktif sebagai media pembelajaran matematika. Pengumpulan data dilakukan secara jarak jauh melalui via telepon dengan teknik wawancara tak terstruktur; bertujuan untuk memperoleh informasi secara langsung dari subjek penelitian tentang penggunaan CD interaktif sebagai media pembelajaran. Dokumentasi; bertujuan untuk memperoleh data terkait kondisi dilapangan. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan CD interaktif dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan cepat tanggap dalam menerima materi pembelajaran, serta dapat meningkatkan antusias dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Namun penggunaan CD interaktif kurang efektif karena tidak semua materi matematika ada di CD interaktif tersebut. Penggunaan CD interaktif juga belum begitu efektif karena waktu pembelajaran yang terbatas serta sarana dana prasarana yang kurang memadai.Kata Kunci: CD interaktif, Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.