ANALISIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA

Sahat Sihotang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar matematika  pada Sekolah Menengah Pertama Advent Purwodadi kabupaten Pasuruan. Lingkungan di sekitar sekolah merupakan  sumber belajar yang dapat dimanfaatkan untuk proses dan pencapaian hasil belajar yang berkualitas. Jumlah sumber belajar yang tersedia disekolah ini tidak terbatas, meskipun bukan sarana yang dirancang secara sengaja untuk kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah, seorang guru matematika dan salah seorang siswa. Metode pengumpulan data adalah  melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen berupa RPP, buku catatan di perpustakaan dan dokumen hasil ujian nasional. Data yang dikumpulkan di proses dalam bentuk yang sederhana agar mudah dibaca, dengan memberikan penafsiran terhadap data-data yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar belum diprogram sebagai bagian dari rencana dan proses pembelajaran, lingkungan sekolah yang luas dengan beragam tumbuhan dan pepohonan sudah digunakan untuk pembelajaran matematika namun pemanfaatannya belum  optimal. Kata Kunci : lingkungan , sumber belajar,  matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.