ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERACUAN KKM DAN BERACUAN SKALA 4 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMAN 6 BALIKPAPAN

Ika Dewi Sari

Abstract


Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam pendidikan. Hasil belajar yang dihasilkan kegiatan penilaian adalah yang ditunggu-tunggu oleh siswa dan orang tua siswa. Kegiatan belajar di sekolah tidak pernah lepas dari penilaian. Penilaian di sekolah dilakukan oleh guru dan pemerintah melalui Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Penilaian yang baik mampu memberikan gambaran penting dan data-data yang diperlukan mengenai pencapaian belajar siswa, serta hal-hal yang belum tercapai dan upaya apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Sistem penilaian pada sekolah-sekolah di Indonesia seringkali berubah seiring dengan perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum merupakan suatu keniscayaan. Namun reformasi di segala bidang yang terjadi di Indonesia menyebabkan pemberlakuan lebih dari satu kurikulum dalam dua dekade terakhir. Artikel ini bersifat makalah kajian tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13), terutama tentang penilaiannya. Dalam artikel ini juga diulas pelaksanaan penilaian beracuan KKM dan pelaksanaan penilaian beracuan skala 4 yang diterapkan dalam pembelajaran matematika di SMAN 6 Balikpapan.Kata kunci: penilaian, KKM, sistem penilaian skala 4.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.