ANALISIS KREATIFITAS GURU MATEMATIKA DALAM MENDISAIN MEDIA PEMBELAJARAN

Sahidi Sahidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreatifitas guru matematika dalam mendesign media pembelajaran di SMP Negeri1 Moyo Utara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru bidang studi matematika kelas VIII. Proses pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreatifitasguru dalam mendesain media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang masih belum memenuhi kriteria kreatifitas itu sendiri. Hal ini terlihat dari apa yang dilakukan guru dalam mendesain dan membuat media pembelajaran sebagai media pembelajaran. Kendala utama guru dalam mendesain materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran adalah keterbatasan wawasan guru dan kualifikasi pendidikan guru tidak sesuai serta keterbatasan sarana dan prasarana disekolah sehingga guru tidak memberikan bimbingan, bantuan, dan arahan penggunaan media pembelajaran kepada peserta didik. Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik itu tergantung pada kreatifitas guru dalam  membuat inovasi dalam pembelajaran.                  Kata Kunci: Kreatifitas guru, Media pembelajaran, Pembelajaran matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.