ANALISIS KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 STUDI KASUS SMA PATRA DHARMA

Adi Yuliantomo

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru, kesiapan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran terkait implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika. Informasi ini diperoleh dari tiga (3) guru matematika kelas X di SMA Patra Dharma Balikpapan. Data yang dikumpulkan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif melalui 4 alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika kelas X di SMA Patra Dharma Balikpapan telah siap dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika. Guru matematika kelas X telah menerapkan 10 indikator kompetensi pedagogik guru menurut Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 dalam pembelajaran. Kesiapan guru matematika dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai tuntutan Kurikulum 2013. Selain itu diperoleh data tentang permasalahan yang muncul dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika, yaitu ketidaksesuaian kompetensi inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada buku pedoman guru, ketidakruntutan materi pada buku pegangan siswa serta kurangnya contoh soal yang ada dalam buku pedoman guru.Kata Kunci: pembelajaran matematika, kesiapan guru, kompetensi pedagogik, kurikulum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.