ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM INVESTIGASI SEGIEMPAT

Ririn Dwi Agustin

Abstract


Kesalahan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja, baik oleh guru ataupun oleh siswa bahkan mahasiswa. Tujuan hal ini adalah menunjukkan hasil investigasi dan mengetahui kesalahan- kesalahan ataupun kesulitan yang dialami para mahasiswa dalam menginvestigasi atau menyelidiki tentang segiempat.. Kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dapat diketahui melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan memberikan tes untuk mengidentifikasi letak kesalahan siswa dan hal-hal yang menyebabkan kesalahan, termasuk kesulitan yang dialami siswa saat menggambarkan segiempat dan menklasifikasikannya. Terdapat 34 orang (82,93%) mahasiswa, yang dalam menggambarkan segiempat. Sedangkan 7 mahasiswa lainnya, sekitar 17,07% memberikan menggambar segiempat dengan kurang tepat. Ada beberapa mahasiswa yang menggambar segitiga dan menggambar segienam serta yang menggambar segitiga dan segienam. Hampir (50%) yang mengklasifikasikan berdasarkan bentuknya dan 50% bermacam-macam ada yang mengklasifikasikan berdasarkan kesamaan sudut, diagonalnya, simetri lipatnya Kesimpulan dapat diambil yang dilakukan mahasiswa program studi pendidikan matematika tahun kedua di IKIP Budi Utomo Malang dapat dikatakan sudah sangat baik yang ditunjukkan dengan hasil sketsa gambar dan hasil klasifikasinya, walaupun sebagian mengalami kesulitan dalam menuangkan ide-ide yang dimiliki.  Kata Kunci: Kesalahan, Investagi, Segiempat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.