ANALISIS KESALAHAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI (Studi Kasus di SMAN 6 Balikpapan)

MUNIFAH MUNIFAH

Abstract


Trigonometri merupakan materi pokok yang diajarkan di level SMA. Materi ini banyak menggunakan konsep yang terus berkembang sehingga apabila siswa belum menguasai konsep materi sebelumnya maka dikhawatirkan akan mengalami kesulitan dalam materi selanjutnya. Namun dari pegalaman terlihat banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Kesulitan itu diindikasikan adanya kesalahan dalam bentuk tulis maupun lisan. Mengingat kenyataan tersebut, maka tulisan ini menyajikan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri di kelas X SMAN 6 Balikpapan. Analisis meliputi jenis kesalahan dan penyebab kesalahannya. Kedua hal tersebut didapatkan melalui tes dan wawancara. Selanjutnya, dilakukan analisis dengan memeriksa jawaban siswa serta hasil wancaranya.  Dari 7 soal yang diberikan pada 40 siswa, rata-rata 35,42% siswa tidak megerjakan pada materi perbandingan trigonometri untuk sudut tumpul dan sudut refleks, alasan yang dikemukakan siswa adalah belum paham. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru disarankan selama proses pembelajaran hendaknya menekankan penguasaan konsep. Selain itu, proses pembelajaran aktif  harus diutamakan agar konsep bisa masuk ke long term memory. Kata kunci : Analisis, Kesalahan Konsep, Perbandingan Trigonometri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.