Analisis Kemampuan Guru SD dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Matematika Tematik Melalui Alat Peraga

Fithria Ulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran matematika tematik melalui alat peraga di SDN Belitung Utara 2 Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah guru yang mengajar di kelas IIA SDN Belitung Utara 2 Banjarmasin. Data penelitian dikumpulkan melalui hasil wawancara tak terstruktur dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IIA yang mengajar di SDN Belitung Utara 2 Banjarmasin sudah memiliki kemampuan cukup baik dalam mengimplementasikan pembelajaran matematika tematik dengan alat peraga. Pembelajaran matematika tematik dengan alat peraga itu sendiri memberikan dampak yang baik kepada peserta didik karena mengingat kemampuan peserta didik kelas 2 SD yang masih berperilaku dan berpikir konkret akan terbantu dengan adanya pembelajaran matematika tematik yang menggunakan tema sebagai pemersatu kegiatan pembelajaran dan alat peraga sebagai bentuk konkret dari materi matematika yang dipelajari.Kata kunci: kemampuan guru, matematika tematik, alat peraga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.