REALITA DAN PROBLEMA PEMBELAJARAN BILANGAN Pi UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Yus Mochamad Cholily

Abstract


Bilangan merupakan materi inti di matematika terutama di Pendidikan Dasar. Pemahaman konsep bilangan secara benar sangat diperlukan untuk keberlanjutan belajar matematika. Pada umumnya konsep bilangan di sekolah dasar adalah bilangan bulat. Namun dalam perkembangannya siswa dikenalkan dengan konsep bilangan rasional yaitu bilangan yang bisa dituliskan sebagai perbandingan bermakna antara dua bilangan bulat. Sejalan dengan materi yang ada di Geometri yaitu lingkaran dibutuhkan sebuah bilangan yang bukan bilangan rasional yaitu pi karena bilangan ini diperlukan untuk pembahasan luas lingkaran. Realita di lapangan menunjukkan guru mengenalkan bilangan pi sebagai bentuk pendekatan dengan bilangan rasional yaitu 22/7. Pembelajaran pada umunya diberikan secara doktrin dengan memanfaatkan pi=22/7. Pendoktrinan ini melekat sangat kuat pada siswa dan sulit dihilangkan. Pembelajaran bilangan irasional untuk level selanjutnya sering mengalami kesulitan. Kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan bilangan pi secara benar. Pemahaman guru akan pendekatan induktif dengan model pembelajaran saintifik bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan konsep pi secara benar.  Kata Kunci: bilangan, konsep bilangan, pi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.