ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI

Yuliana Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pemahaman konsep siswa pada pembelajaran geometri di SMP Negeri 5 Long Ikis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya pemahaman  konsep dalam pembelajaran geometri, siswa masih sulit untuk menyatakan ulang konsep dari permasalahan yang diberikan, mengklasifikasikan objek menurut sifatnya juga dianggap sulit sebagian siswa, sebagian dari siswa sudah dapat merepresentasikan dari konsep-konsep yang diberikan. Representasi dalam bentuk gambar telah banyak dilakukan siswa. Kelemahan siswa adalah dalam memilih dan menentukan prosedur yang harus digunakan untuk diaplikasikan ke dalam konsep atau algoritma pemecahan masalah. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh solusi yang tepat untuk membantu dalam pemahaman konsep siswa adalah dengan menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan model pembelajaran Direct Instruction. Dengan penerapan dari model pembelajaran PMRI dan Direct Instruction ini diharapkan berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa.  Kata kunci: problematika, pemahaman konsep, PMRI, direct instruction

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.