PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSEGI PANJANG BERDASARKAN LANGKAH POLYA

Sudarmin Sudarmin

Abstract


Berdasarkan tujuan penilitian yang ingin dicapai dalam penelitian, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Islam Hasanuddin Dau-malang semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa yang berdasarkan kemampuan matematika. Pemilihan subjek berdasarkan saran yang diberikan oleh guru mata pelajaran matematika. Dari hasil tes dan wawancara peneliti  menilai bahwa siswa berkemampuan tinggi berbagai macam dan berbagai kategori, bahkan respon yang mereka berikan berbeda jika dibanding siswa yang lain. Hasil yang mereka berikan juga cukup rinci dan lengkap, sedangkan pada kategori sedang ini kurang bervariasi dalam hal respon, kategori dan beberapa respon tersebut sama dengan siswa lainnya. hasil yang mereka berikan kurang rinci dan lengkap, Tetapi mereka dapat memahami masalah dan dapat memperkirakan solusinya, menyusun rencana dan melaksanakan rencana tersebut, namun ketika mereka menemui kendala dalam menjalankan rencana mereka mudah menyerah dan bahkan membatalkan prosedur yang telah mereka susun, kemudian Produk berpikir kreatif dari siswa berkemampuan rendah tidak bervariasi dan bahkan respon yang mereka berikan sangat sedikit dan sangat umum. Penguraian jawaban pun tidak rinci dan tidak lengkap. Ketika mereka menyusun rencana penyelesaian mereka tidak tahu apakah cara yang mereka berikan sudah benar atau belum.Kata kunci: proses berpikir kreatif, open-ended, langkah polya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.