PERSEPSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

St Lailiyatun Nikmah

Abstract


Penelitian dirancang untuk mendapatkan informasi secara lengkap mengenai persepsi guru terhadap penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Penelitian didesain menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP favorit di wilayah Bojonegoro timur yang terletak di kecamatan Baureno pada awal bulan juni 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika SMPN 1 Baureno dan objek dalam penelitian ini adalah alat peraga yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil yang diperoleh oleh peneliti menunjukkan bahwa guru setuju dengan penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika. Meskipun tidak semua materi alat peraga bisa diterapkan. Mereka percaya bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika lebih efektif dan efisien. Tetapi menurut mereka ketidaksesuaian antara materi pembelajaran yang terlalu banyak dengan alokasi waktu yang disediakan. Kata kunci: persepsi guru, media pembelajaran, alat peraga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.