PERSEPSI GURU TERKAIT PEMBERIAN LES PRIVAT SEBAGAI BANTUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA

Siti Ramdhayani Litiloly

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru matematika terhadap pemberian les privat sebagai bantuan belajar siswa dalam mengembangkan pemahaman matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Adapun pelaksanaan penelitian ini di MTs Mathla’ul Anwar Masohi, yang mana subyek penelitiannya adalah dua orang guru matematika kelas VII dan VIII yaitu FW dan ZL. Data penelitian diperoleh melalui wawancara kepada guru FW dan ZL. Instrumen penelitian adalah lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru setuju dengan pemberian les privat oleh guru matematika yang mengajarkan matematika dikelas, karena mampu membantu dan membimbing siswa dengan kategori lemah untuk mengembangkan pemahaman matematika mereka serta mampu menyelesaikan masalah matematika. Selain itu, pemberian les privat dapat menjadikan siswa belajar dengan lebih kondusif dan fokus, karena kelas les privat merupakan kelas kecil yang berisikan tiga sampai empat siswa yang memungkinkan siswa dapat belajar dengan lebih baik. Hal ini karena semakin kecil kelas yang disajikan maka akan lebih bermakna belajar yang disampaikan.  Kata Kunci: persepsi guru, les privat, bantuan belajar siswa, pemahaman matematika siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.