ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DITINJAU DARI KEMAMPUAN KREATIVITAS MAHASISWA

Akhsanul In’am, Rizal Dian Azmi, Siti Khoiruli Ummah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan kreativitas mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek. Proyek pada perkuliahan berupa media pembelajaran manipulative pada materi SMP. Kemampuan kreativitas mahasiswa ditinjau dari aspek orisinalitas, kebaruan, fleksibilitas proyek. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara yang menyatakan bahwa media pembelajaran belum dibuat secara optimal pada perkuliahan sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dan kualitatif. Subyek penelitian yaitu mahasiswa yang menempuh mata kuliah sumber belajar dan media pembelajaran matematika Tahun Angkatan 2016/2017. Hasil penelitian ini yaitu hasil proyek pembuatan media pembelajaran manipulatif memenuhi aspek fleksibilitas dan kebaruan yang sangat baik. Aspek kreativitas originalitas memenuhi kategori yang cukup baik.   Kata Kunci: media pembelajaran manipulative, pembelajaran berbasis proyek, kreativitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.