PERANGKAT PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI BERFIKIR MATEMATIS MAHASISWA POLITEKNIK KEDIRI

Ratna Widyastuti, Erwin Komara Mindarta

Abstract


Berdasarkan hasil tes tulis, wawancara dan observasi terhadap mahasiswa semester dua prodi teknik informatika Politeknik Kediri, ditemukan bahwa kemampuan berfikir matematisnya masih kurang. Penelitian ini berfokus pada usaha meningkatkan kemampuan berfikir matematis mahasiswa D3 teknik informatika pada mata kuliah kalkulus. Metode pembelajaran yang dirancang dapat meningkatkan kemampuan matematis mahasiswa teknik informatika adalah metode discovery learning berbantuan software GeoGebra. Metode discovery learning ini  melibatkan  suatu  interaksi  antara  mahasiswa  dan  dosen  di  mana mahasiswa  mencari  kesimpulan  yang  diinginkan  melalui  suatu  urutan pertanyaan  yang  diatur  oleh  dosen. Asalan dipilih software GeoGebra karena merupakan software visualisasi geometri. Proses berfikir matematis akan lebih mudah dengan memvisualisasikan konsep- konsep matematis tersebut. Pembelajaran yang melibatkan teknologi komputer diharapkan memiliki hasil tambah pada penelitian ini yaitu meningkatnya minat mahasiswa teknik informatika pada pembelajaran matakuliah kalkulus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, tetapi pada kajian ini difokuskan pada tahap pengembangan perangkat pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap,yaitu (1) penelitian awal, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap validasi. Produk yang dihasilkan pada rancangan ini adalah perangkat discovery learning berbantuan media pembelajaran Geogebra untuk memfasilitasi berfikir matematis mahasiswa. Perangkat discovery learning terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi Mahasiswa, dan Lembar Asesmen. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengaju pada KKNI, dan telah divalidasi oleh profesor dan juga dosen yang memiliki kompetensi di bidang Pendidikan Matematika . Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat discovery learning valid, efektif dan paktis untuk memfasilitasi proses berfikir matematis mahasiswa Politeknik Kediri. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah alokasi waktu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) lebih diperhatikan, mengingat tahapan discovery learning memerlukan kemampuan berfikir lebih dari pembelajaran metode ceramah. Pengembangan selanjutnya dapat dirancang pada materi-materi lain yang memerlukan tahapan discovery.   Kata Kunci: Metode Discovery Learning, Software GeoGebra, Kemampuan Berfikir Matematis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.