PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SMK MELALUI PENDEKATAN INTRUKSIONAL

Ongky Wahid Habibi, Diko Ahmad Riza Primadi, Abdillah Abdillah

Abstract


Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah yang berlansung seumur hidup. Pembelajaran matematika di SMK diterapkan lebih menekankan pada perilaku berkarakter di dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan intruksional yang mencerminkan nilai-nilai dasar pendidikan karakter, menganalisis perubahan sikap siswa dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Membangun karakter tidaklah dapatdilakukan hanya dengan memberikan materi atau pengetahuan mengenai karakter, tetapilebih ditekankan pada praktek langsung baik oleh pendidik/guruuntuk kemudianditiru oleh siswa. Langkah yang tepat dalam membangun integrasi pembelajaran matematika berbasis nilai yaitu dengan melakukan pendekatan intruksional dimana pendekatan tersebut dilakukan guna membangun karakter dari setiap individu. Dengan demikian, pendidikan karakter tidak hanya sekedar pengucapan, tetapi juga  melalui pikiran dan tindakan. Jika selama ini pembelajaran matematika lebih dominan pada ranah kognitif, maka sudah saatnya untuk mengansumsikan ke dalam ranah-ranah lainnya, salah satunya adalah dengan memahatkan karakter melalui pembelajaran matematika. Dengan mengarahkan siswa untuk melakukan refleksi, makapembelajaran matematika dapat menanamkan motivasi, apresiasi, dan ketekunan dalam membangun karakter tersebut.Disamping itu juga pendekatan intruksional tersebut dilakukan guna menerapkan nilai yang menjadikan dasar karakter yang tercermin dalam kegiatan pembelajaran matematika. Nilai utama yang diterapkan antara lain ketaqwaan, kedisiplinan, toleransi, tanggung jawab, kerja keras, sportif, kreatif dan mandiri. Pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan nilai-nilai dasar karakter bangsa dapat mengubah dan menjadikan sikap siswa menjadi lebih baik dalam kehidupan keseharian yang lebih mudah untuk dikendalikan dan berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK.  Kata Kunci: SMK, matematika SMK, pendekatan inturksional, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.