PENGUATAN PENGUASAAN KONSEP DASAR MATEMATIKA BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA YANG BERKEMAMPUAN RENDAH

Octavina Rizky Utami Putri, Moh. Mahfud Effendi, Hendarto Cahyono, Adi Slamet Kusumawardana

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penguatan penguasaan konsep dasar matematika bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang berkemampuan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Langkah- langkah penelitian ini meliputi: identifikasi masalah, penyusunan materi, pendalaman, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Matematika angkatan 2016 dengan IPK< 3,00. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,  tes, dan wawancara. Data dokumen digunakan untuk menyeleksi mahasiswa yang berkemampuan rendah. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rubrik penguasaan konsep dasar matematika. Wawancara digunakan untuk memperkuat informasi penguasaan konsep dasar matematika mahasiswa. Hasil identifikasi masalah yang diperoleh yaitu konsep dasar matematika yang perlu diperkuat adalah Logika Dasar dan Aljabar. Materi yang disusun mengacu pada silabus Logika Dasar dan Aljabar. Pendalaman dilaksanakan dilaksanakan dengan memberikan pre-test, penyampaian materi, dan post-test Logika Dasar dan Aljabar dengan dua tutor dosen dan dibantu dua mahasiswa sebagai pendamping. Evaluasi yang diperoleh adalah terjadi peningkatan penguasaan konsep dasar matematika.  Kata Kunci: penguasaan konsep dasar matematika, logika dasar, aljabar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.