KESULITAN SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR NEGERI MULYOAGUNG 3 DAU, MALANG

Novita Amilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa pada pembelajaran geometri di kelas VI SD Mulyoagung 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis dokumen dan transkrip wawancara. Hasil penelitian didapat bahwa siswa kesulitan dalam menghafal rumus dan memahami konsep bangun datar dan bangun ruang. Solusi yang diberikan guru yaitu siswa harus hafal rumus dan setiap hari guru mengingatkan siswa berkaitan rumus bangun datar serta bangun ruang melalui tanya jawab antara guru dan siswa. Setelah itu, siswa diminta untuk mengerjakan soal di papan tulis sesuai instruksi dari guru. Agar siswa memahami konsep bangun datar dan bangun ruang, peneliti memberikan solusi antara lain membuat model pembelajaran lain, selain ceramah. Selain itu, hendaknya siswa dilibatkan dalam menemukan sendiri konsep bangun datar dan bangun ruang melalui contoh dan bukan contoh yang ada disekitar siswa.    Kata Kunci: kesulitan siswa, pembelajaran geometri, model pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.