ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Moh. Khoirul Anam

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dan dikumpulkan oleh peneliti dengan memberikan soal uraian tentang pemahaman konsep, kemudian data yang telah terkumpul di analisis dan diambil kesimpulan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP N 1 Sumberasih sebanyak 5 orang yang dipilih berdasarkan kemampuan siswa atas rekomendasi guru matematika pada sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dalam menjawab soal uraian tentang teorema Pythagoras. Soal yang diberikan terdiri atas tiga soal bardasarkan indikator pemahaman konsep teorema Pythagoras yaitu mencari panjang sisi miring/hipotenusa, menjelaskan ketiga sisi segitiga yang diketahui segitiga siku-sikunya dan menggambarkan sebuah segitiga siku-siku jika diberikan angka istimewa. Hasil penelitian yang telah didapat menunjukkan bahwa siswa masih kurang pemahamanmya tentang teorema Pythagoras. Siswa mengalami kesulitan jika soal pada teorema Pythagoras dinyatakan dengan variabel berbeda dan tidak sama dengan apa yang telah mereka terima selama ini. Siswa hanya terbiasa menghafal tentang apa yang telah diajarkan selama. Siswa tidak memahami makna tentang teorema Phytagoras dan tidak paham tentang arti dari rumus yang telah dipelajari selama ini.Kata Kunci: teorema pythagoras, analisis, pemahaman konsep

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.