PENEMUAN KONSEP LUAS PERMUKAAN TABUNG DENGAN PENDEKATAN ICEBERG PADA SISWA SD

Irma Candra Kasih

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat terkait dengan terbentuknya pola pikir yang logis, kritis dan kreatif. Seiring dengan perkembangan jaman saat ini tidaklah lantas membuat matematika menjadi mata pelajaran yang digemari oleh siswa khususnya di lingkup sekolah dasar (SD). Guru sebagai fasilitator belum sepenuhnya mampu untuk mengaktifkan lingkungan belajar yang mandiri dan berproses dalam memnemukan sebuah konsep matematika. Pendekatan Ice Berg merupakan bagian dari RME (Realistic Mathematics Education) merupakan sebuah pendekatan yang mengedepankan proses cara berpikir, meyelesaikan masalah dan penemuan konsep.Artikel ini merupakan hasil kajian pustaka yang difokuskan untuk mendeskripsikan pedekatan iceberg dalam menemukan konsep luas permukaan tabung. pendekatan iceberg  memerlukan empat tahap: (a) Concreate Mathematics, (b) Concreate Model (c) Formal Mode, (d) Formal Mathematics. Melalui pendekatan ini siswa memiliki pengalaman berlajar tersendiri  dan pembelajaran akan terasa lebih bermakna  Kata Kunci: luas permukaan, tabung, pendekatan iceberg

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.