PROBLEMATIKA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNTIF DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA

Hendra Alexander Zacharias

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah geometri ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif dan alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pendukung yang peneliti gunakan berupa tes dan wawancara. (1) Tes MFFT diberikan kepada calon subyek untuk mendapatkan subyek penelitian yang bergaya kognitif reflektif dan subyek penelitian yang bergaya impulsif, (2) Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan wawancara hasil pekerjaan siswa untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa yang bergaya kognitif reflektif dan impulsif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang bergaya kognitif impulsif dalam mengerjakan soal segitiga, kesulitan dalam memahami konsep serta definisi teorema pythagoras pada segitiga siku-siku sedangkan siswa yang bergaya kognitif reflektif kesulitan mengoperasikan bentuk akar; (2) siswa yang bergaya kognitif impulsif kesulitan dalam memahami konsep dua garis yang saling berpotongan dan menyebutkan hubungan antarsudut pada dua garis yang saling bersebelahan serta kesulitan dalam menemukan rumus yang meliputi kesulitan membuktikan jumlah besar sudut dalam suatu segitiga dan (3) alternatif solusi yang dapat mengatasi kesulitan siswa yaitu model pembelajaran problem based learning, pembelajaran berdasarkan teori Van Hiele dan model pembelajaran discovery learning  Kata kunci: pemecahan masalah, reflektif, impulsif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.