PERSEPSI GURU TERHADAP MEDIA AEGIS LS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM 2013

Gallant Primananda

Abstract


Penelitian ini menggambarkan persepsi guru terhadap media AEGIS LS dalam pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk:  1) mengetahui kemungkinan diterapkannya media AEGIS LS dalam pembelajaran matematika pada kurikulum 2013; 2)  kendala implementasi media AEGIS LS dalam pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 dan; 3) pemecahan masalahnya. Sehingga memberi informasi kepada guru untuk memakai dan mengembangkan media pembelajaran AEGIS LS dalam pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah wawancara terhadap dua guru yang masa pengabdiannya berbeda yaitu guru yang mengajar kurang dari 2 tahun dan lebih dari 10 tahun dan sebelum diwawancara guru di beritahu tentang media AEGIS LS. Dari hasil wawancara didapatkan bahwa media pembelajaran AEGIS LS dalam pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 sudah dianggap sesuai untuk diimplementasikan pada SMP  karena media pembelajaran AEGIS LS adalah media yang memberi contoh gambaran kongkrit pada setiap materi matematika. Kendala dalam implementasi ini adalah sarana dan prasarana, yaitu media ini membutuhkan LCD proyektor dan 1 unit komputer atau laptop. Sementara itu kendalanya adalah masih banyaknya sekolah- sekolah yang belum mempunyai sarana dan prasarana tersebut. Sehingga penggunaan media AEGIS LS dalam pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 belum berjalan optimal.  Kata Kunci: persepsi guru, media AEGIS LS, pembelajaran matematika, kurikulum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.