PERBEDAAN GENDER DALAM MENGKONEKSIKAN MATEMATIKA

Fathurrahman Fathurrahman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan laki-laki dan perempuan yang terjadi hampir diberbagai bidang, khususnya dalam mengkoneksikan pembelajaran matematika di sekolah dengan kehidupan sehari-hari sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Subyek penelitian adalah guru matematika SMP Muhammadiyah Kota Bima. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan gender pada pembelajaran matematika dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yaitu: intelegensi, bakat, motivasi, pengalaman dan lingkungan, maka untuk mendukungnya dibutuhkan proses pembelajaran seperti: Merancang pembelajaran agar dapat memberikan rangsangan kepada siswa; Memberi perhatian yang tinggi terhadap materi yang diajarkan; Mengembangkan kebiasaan yang teratur; Meningkatkan kondisi fisik siswa; Mempertahankan cita-cita dan aspirasi siswa, dan Menyediakan sarana penunjang yang memadai. Sehingga untuk itu dibutuhkan kreatifitas pengajar agar mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013.  Kata kunci: gender, koneksi matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.