EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA

Eko Sabdo Sutrisno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran tutor sebaya pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Syaichona Cholil Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dan wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terkait model pembelajaran yang digunakan serta aktivitas siswa di dalam kelas. Wawancara dilakukan kepada guru dan siswa. Siswa yang diwawancara adalah tiga pasang siswa yang bertindak sebagai tutor dan yang diajar oleh tutor. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran tutor sebaya efektif ketika digunakan. Siswa lebih senang belajar dengan model tutor sebaya dikarenakan tempat belajar yang bebas serta mereka lebih paham ketika bertanya kepada teman sebayanya selain itu siswa yang berperan menjadi tutor tidak merasa terbebani ketika harus mengajarkan temannya yang tidak bisa. Permasalahan yang terjadi ketika menerapkan pembelajaran ini yaitu siswa masih ada yang malu untuk bertanya ataupun tidak mau untuk langsung mengajari temannya yang merasa kesulitan.  Kata Kunci: tutor sebaya, efektifitas, sumber belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.