ANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Eka Filahanasari

Abstract


Bertanya muncul ketika adanya dorongan rasa ingin tahu tentang konsep baru yang ingin dikonfirmasi mengenai kebenarannya. Bertanya bisa dianggap sebagai sikap yang responsif dan interaktif terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan bertanya siswa pada proses pembelajaran matematika di SMPN 5 Bungo. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data menggunakan rekaman pembelajaran berupa video. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang aktif bertanya yaitu sebanyak 8 dari 27 siswa. Kegiatan bertanya siswa justru lebih menonjol ketika pada saat diskusi daripada ketika guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa jika siswa masih merasa bingung. Hal itu terlihat ketika berdiskusi siswa terlihat menonjolkan kemampuan yang dimilikinya. Namun juga tak jarang terlihat beberapa siswa pasif ketika pembelajaran. Kegiatan bertanya ini juga akan mendorong kegiatan pembelajaran lebih aktif. Guru sebaiknya memberikan beberapa pertanyaan pancingan agar siswa dapat aktif dalam pembelajarannya juga menggunakan metode pembelajaran yang dapat menunjang siswa nya aktif bertanya untuk menggali informasi pembelajaran.  Kata Kunci: bertanya, pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.