REORGANISASI KONTEN KURIKULUM MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH (MA) BAGI SISWA CERDAS ISTIMEWA

Edi Sutomo

Abstract


Penerapan kurikulum 2013 melalui Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 dijelaskan tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan kurikulum matematika di Madrasah Aliyah (MA) bagi siswa Cerdas Istimewa. Pendekatan yang digunakan dalam adalah kualitatif dengan pengembangan model kombinasi Research Development Research (RDR) dan Recursive Reflective Design Development (R2D2) dengan kegiatan meliputi (1) tahap awal, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap finalisasi. Model pengem-bangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural yang akan menghasilkan langkah–langkah yang harus diikuti dalam menghasilkan kurikulum matematika berdiferensiasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa proses pengembangan kurikulum bagi siswa khusus kelas cerdas istimewa dapat dilakukan dengan beberapa tahapan berikut ini: 1) memetakan SK-KD Permendikbud; 2) mengidentifikasi SK-KD berdasarkan kebutuhan bagi siswa cerdas istimewa; 3) mendaftar materi ajar; 4) merestrukturisasi materi menggunakan prinsip hierarki matematika SMA; 5) mengorganisasi kurikukum khusus bagi siswa cerdas istimewa; dan 6) mendistribusi alokasi waktu berdasarkan kedalaman materi yang ada.  Kata Kunci: Diferensiasi, Madrasah Aliyah, Cerdas Istimewa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.