ETHNOMATHEMATICA: PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF BUDAYA

Dyah Worowirastri Ekowati

Abstract


Ethnomathematica merupakan pembelajaran tentang matematika yang menggunakan perspektif budaya dimana aktivitas matematika muncul dengan memahami penalaran dan sistem matematika yang ada pada budaya yang digunakan. Etnomatematika dilakukan dengan menggunakan konsep matematika secara luas yang terkait dengan berbagai aktivitas matematika. Aktivitas yang dilakukan meliputi aktivitas mengelompokkan, berhitung, mengukur, merancang bangunan atau alat, bermain, menentukan lokasi, dan lain sebagainya. Aktivitas matematika yang biasanya dianggap abstrak oleh siswa menjadi lebih konkrit dengan dikaitkan dengan unsur budaya lokal. Budaya lokal yang dimaksud diantaranya adalah permainan tradisional. Makalah ini akan menjabarkan a) definisi ethnomathematica: pembelajaran matematika dalam perspektif budaya, b) Bagaimana penerapan ethnomathematica: pembelajaran matematika dalam perspektif budaya.   Kata Kunci: ethnomathematica, pembelajaran matematika, budaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.