PROSES BERPIKIR ALJABAR DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA POKOK BAHASAN FUNGSI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KEMAMPUAN SEDANG DI SMP PLUS RAHMAT KOTA KEDIRI

Dewi Purnama Sari, Feny Rita Fiantika

Abstract


Berpikir aljabar merupakan penggunaan simbol matematika dan alat untuk menganalisis penyelesaian yang berbeda dengan cara (1) menggali informasi dari permasalahan, (2) menggambarkan atau menunjukkan informasi secara matematis dalam bentuk kata, diagram, tabel, grafik, dan persamaan, (3) mengartikan dan menerapkan temuan matematika, seperti pemecahan yang belum diketahui, menguji dugaan, dan mencari hubungan fungsional dari permasalahan yang sama dan baru yang masih berkaitan (Herbert, 1997: 123). Penggunaan pembelajaran secara berkelompok bertujuan untuk mengembangkan proses berpikir aljabar siswa dalam memahami materi fungsi. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa dalam penyelesaian masalah matematika materi fungsi pada siswa kemampuan sedang. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes kemampuan berpikir aljabar, dan lembar wawancara. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive dengan mempertimbangkan nilai rapor tertinggi dan pertimbangan guru kelas yang lebih mengetahui karakteristik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir aljabar dalam penyelesaian masalah matematika siswa kemampuan sedang pada pokok bahasan fungsi memperoleh kategori baik karena memperoleh kategori baik pada kemampuan pemecahan masalah pada kedua soal, memperoleh kategori baik pada kemampuan representasi pada kedua soal, dan memperoleh kategori baik pada kemampuan quantitative reasoning pada kedua soal. Hal ini mendukung teori yang disampaikan Berg (2009: 275).   Kata kunci: proses berpikir aljabar, Numbered Heads Together, fungsi, siswa kemampuan sedang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.