PROBLEMATIKA GAYA MENGAJAR GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI

Diego Hendrawata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya mengajar guru matematika dalam pembelajaran geometri. Sumber datanya berasal dari seorang guru matematika SMP Nasional Malang. Data termasuk analisis angket dan transkripsi wawancara tanggapan guru. Temuan dari hasil wawancara menunjukkan guru masih beranggapan bahwa mengajar itu memberi ilmu kepada siswa sehingga dalam kegiatan pembelajaran guru masih mendominasi kelas menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sedangkan media dan sumber belajar yang digunakan guru untuk belajar dan mengajar juga masih terbatas. Guru juga mengatakan jika siswa dapat memecahkan masalah hanya pada saat proses pembelajaran dan hasil ujian menunjukan bahwa siswa yang memenuhi KKM hanya sekitar 5,8 % siswa atau sekitar 2 siswa dari 34 siswa. guru sudah menampilkan karakteristik sebagai sumber belajar yang baik saat mengajar namun dalam proses pembelajaran guru masih belum variatif dalam menggunakan pendekatan pembelajaran dan kurang inovatif dalam menggunakan berbagai media yang ada di sekitar dalam menyampaikan materi sehingga hasil belajar matematika siswa juga masih sangat rendah sesuai dengan yang dikatakan guru.  Kata kunci: gaya mengajar, pembelajaran, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.