PROGRAM TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Azra Fauzi

Abstract


Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (HMJ Matriks) Universitas Muhammadiyah Malang pada periode 2016-2017 mengadakan program tutor sebaya yang diberi nama “belajar bersama matriks” dalam rangka membantu mahasiswa baru yang membutuhkan bimbingan belajar. Tulisan ini  bertujuan menjelaskan proses tutor sebaya yang dilakukan oleh HMJ Matematika dan memaparkan manfaat tutor sebaya dalam pembelajaran matematika bedasarkan presepsi tutees dan tutor. Subjek dalam penelitian ini yaitu 55 mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang yang terdiri dari 15 tutor yang dipilih oleh penyelenggara dari mahasiswa semester 3 dan 40 tutees adalah mahasiswa baru yang mendaftarkan diri dalam program tutor sebaya. Materi bimbingan tutor sebaya adalah Aljabar, Trigonometri dan Logika dasar. Proses bimbingan tutor sebaya diperoleh melalui analisis dokumentasi dan wawancara. Untuk mendapatkan respon dari tutee dan tutor terkait program tutor sebaya, peneliti menggunakan angket. Hasil penelitiaan ini menujukan bahwa proses bimbingan yang dilakukan HMJ Matematika sudah ideal dan bisa berjalan dengan baik. Selain itu pada penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan sebaya memberikan kesempatan yang tak ternilai bagi mahasiswa yang menjadi tutor untuk mendapatkan keterampilan yang yang bermanfaat, seperti komunikasi, perencanaan dan keterampilan organisasi, sedangkan tutees mendapatkan dukungan emosional dari tutor mereka, program tutor sebaya ini meningkatkan rasa percaya diri mereka serta meembuat performa mereka pada pelajaran menjadi meningkat.   Kata kunci: tutor sebaya, tutees, tutor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.