ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI GEOMETRI

Ayu Nita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia) dalam proses pembelajaran geometri di MTsN 1 Dompu. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru matematika yang mengajar dikelas VIII D. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara tak terstruktur kepada guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan membedakan bentuk-bentuk bangun ruang yang diberikan oleh guru. Selain itu kendala yang sering dihadapi guru, siswa sendiri masih belum bisa menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan oleh guru dan siswa malas untuk mencari tahu hal yang tidak diketahuinya. Sehingga dalam proses pembelajaran guru menggunakan model PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia) untuk mempermudah pemahaman siswa dan penggunaan model pembelajaran PMRI terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan model tersebut. Siswa terlibat secara langsung untuk menemukan sendiri kesulitan yang dihadapi melalui contoh yang berhubungan dengan materi geometri.  Kata kunci: PMRI, geometri, bangun ruang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.