KREATIVITAS GURU MATEMATIKA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI

Astri Rakhmawati

Abstract


Guru dituntut agar mampu menggunakan media pembelajaran yang disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Untuk itu, guru harus memiliki kreativitas cukup dalam menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan informasi mengenai kreativitas guru matematika dalam menggunakan media pembelajaran geometri. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Sampit, menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga orang guru disekolah tersebut. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan tiga orang guru di SMP Negeri 9 Sampit, sedangkan dokumentasi berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan foto media  pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran geometri di sekolah. Insrtumen dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara terkait dengan media yang digunakan guru dalam pemebelajaran geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran geometri yang digunakan SMP Negeri 9 Sampit dalam pembelajaran matematika adalah: 1) alat peraga; 2) media visual, dan 3) multimedia. Kreativitas guru matematika di SMP Negeri 9 Sampit dalam menggunakan media pembelajaran geometri terlihat dari pemilihan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Pemilihan media tersebut mempertimbangkan banyak faktor, diantaranya mudah didapat, ekonomis, mudah digunakan, relevan dengan materi ajar, disukai siswa, dan tidak memakan waktu yang banyak, sehingga pembelajaran berjalan efektif dan efisien.  Kata Kunci: kreativitas, guru, media pembelajaran, geometri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.