RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Aris Hanafi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa pada pembelajaran matematika pada materi bangun datar dan sejauh mana pemahaman konsep  siswa pada materi bangun datar.  Bahwa respon siswa pada  materi bangun datar “baik” dengan menggunakan pembelajaran langsung yang di lakukan guru matematika sesuai dengan hasil wawancara. Pada hasil angket respon tersebut terdapat presentase 74,88 persen, hal ini menunjukan bahwa respon siswa dengan menggunakan pembelajaran langsung “baik”. Dapat di simpulkan bahwa pembelajaran langsung lebih baik dari pada metode ceramah yang di lakukan guru matematika tersebut. Item sangat setuju, secara keselurahan terdapat 24,3 persen dari 15 item yang berikan kepada siswa tentang respon materi bangun datar. Item setuju, nilai keseluruhan terdapat 52,4 persen dari 15 item yang berikan kepada siswa tentang respon siswa pada materi bangun datar. Item tidak setuju, terdapat 20 persen respon siswa pada materi bangun datar.  Sedangkan pada item sangat tidak setuju, nilai keseluruhan 2,9 persen yang menangapi tentang materi bangun datar.  Kata kunci: pembelajaran matematika, bangun datar dan respon.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.