METODE PEPSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK

Anggita Anggita, Atika Mandasari, Hazmiea Nurfida, Dhinik Dewi Asoka Fitriawati

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu tempat belajar formal yang di anggap mampu mengatasi masalah ketenagakerjaan. Oleh karena itu, selain di suguhi ilmu secara teori, di SMK juga bisa langsung mempraktekkan ilmu yang didapat. Pembelajaran matematika di SMK diperlukan sebagai salah satu pembelajaran dasar yang berhubungan dengan semua bidang ilmu atau program keahlian pendidikan kejuruan.  Untuk itu perlu mereposisi untuk menata ulang sistem pendidikan dan pelatihan kejuruan menjadi sistem pendidikan dan pelatihan yang permeabel dan fleksibel, dengan pola pembelajarannya yang lebih bervariasi. PEPSI (pembelajaran proyek bervariasi) dapat digunakan di SMK dengan tujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang pekerjaan yang ditekuni terkait dengan keadaan yang sedang terjadi serta secara interaksi lingkungan unit sosial tertentu yang bersifat apa adanya. Dampak yang ditimbulkan oleh PEPSI ini adalah keberhasilan metode ini sangat bergantung pada siapa yang menggunakannya. Dalam hal ini, pembelajaran proyek bervariasi pada matematika dimaksudkan khusus untuk siswa SMK dengan model pembelajaran matematika yang bervariasi dimana hasil keluarannya dapat mengembangkan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah ada. Sumber daya di setiap daerah sangat berperan penting didalam pembelajaran proyek bervariasi ini.  Kata kunci: mengatasi masalah, pembelajaran proyek bervariasi, dan sumber daya daerah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.