MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DAN PAIR-CHECKS (PC) DI SMKN 1 BATU

Amalia Yunitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Pair Check (PC) lebih baik daripada motivasi siswa yang menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada materi fungsi komposisi siswa kelas X SMKN 1 Batu tahun pelajaran 2016/ 2017. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN1 Batu tahun pelajaran 2016/ 2017 yang terdiri dari 4 jurusan dengan jumlah seluruh kelas adalah 11 kelas.  Sampel penelitian ini berjumlah 2 kelas yang terdiri dari kelas X Akomodasi Perhotelan (APH) 1 sebagai kelas eksperimen 1(Think Pair Share) dan kelas X Busana Butik (BB) 2 sebagai kelas eksperimen 2 (Pair Check). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan jika motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Pair Check lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada materi fungsi komposisi kelas X SMKN1 Batu tahun ajaran 2016-2017.  Kata kunci: Pair Check (PC), Think Pair Share(TPS), motivasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.