ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Agus Sugianto

Abstract


Kemampuan komunikasi matematika dalam materi bangun ruang sisi datar sangat diperlukan, berdasarkan pengamatan dan tugas-tugas yang diberikan kepada siswa, masih banyak yang  belum terampil pada kemampuan komunikasi matematik dalam penyelesaian soal-soal bangun ruang sisi datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematik siswa dalam penyelesaian soa-soal bangun ruang sisi datar berdasarkan gaya belajar. Penelitian dilaksanakan pada 2 orang siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditori dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dengan disediakan satu set tes tulis untuk menyelesaikan soa-soal bangun ruang sisi datar. Hasilnya dianalisis dengan indikator kemampuan komunikasi matematika siswa. Dalam penelitian ini kemampuan komunikasi ditinjau dari gaya belajar siswa. Gaya belajar siswa disini yang dipakai adalah 1) visual; 2) auditori dan 3) kinestetik.    Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematika, gaya belajar, bangun ruang sisi datar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.