REPOSISI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK

Moh. Mahfud Effendi

Abstract


SMK merupakan sekolah yang unik dan berbeda dengan SMA. Oleh karena itu pembelajaran matematika di SMK juga harus berbeda dengan SMA, dan bahkan materi ajar matematika antara program keahlian yang satu dengan lainnya juga harus berbeda, karena memang kebutuhannya yang berbeda. Dari beberapa penelitian yang penulis lakukan ditemukan bahwa pengembangan kurikulum matematika di SMK menganut azas supply driven, tidak terintegrasi dengan tujuan program keahliannya, sehingga cendrung overload dan overlap materi ajar. Dampaknya adalah pengembangan bahan ajar tidak fokus pada materi yang penting dan dibutuhkan, pembelajaran menjadi tidak kontektual, tidak menarik, dan kurang bermakna sehingga pemahaman siswa terhadap matematika dan program keahliannya menjadi kurang optimal. Matematika bukan sekedar alat untuk menyelesaikan masalah tetapi harus berfungsi sebagai alat bantu visual belajar, pembentukan pola pikir yang nyata, dan, menumbuhkan sikap positif bagi siswa SMK agar mampu dan mudah beradaptasi. Sifat dan kemampuan beradaptasi ini harus dimiliki oleh siswa SMK agar mereka kritis, kreatif, dan mampu mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan jaman dan dunia kerja.Kata kunci: matematika SMK, reposisi, dan terintegrasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.