PEMANFAATAN STRATEGI THINKING MAP DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMBANTU SISWA MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA KELAS X

Devis Yusofa, Lia Yuliati, Muhardjito Muhardjito

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui materi yang dianggap sulit bagi siswa kelas X dan pembelajaran yang dapat membantu siswa meningkatkan penguasaan konsep Fisika. Penelitian ini menggunakan metode survey dan deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa angket yang terdiri dari empat poin pertanyaan dengan pilihan jawaban yang telah disediakan, serta terdapat pula jawaban yang bebas diisi oleh responden. Hasil penelitian yang pertama didapatkan bahwa materi impuls dan momentum menempati urutan ke-2 dari enam materi Fisika kelas X Semester 2 sebagai materi Fisika yang dianggap sulit oleh siswa dengan persentase 28,44%. Kedua,menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran yang diterapkan masih belum sesuai untuk mendukung siswa meningkatkan penguasaan konsep dalam mempelajari Fisika. Selain itu, konsep-konsep yang terlalu banyak juga menjadi faktor kesulitan bagi siswa dalam mempelajari konsep Fisika. Ketiga,menunjukkan bahwa setidaknya terdapat 90,26% siswa pernah membuat map untuk mempelajari konsep Fisika. Keempat,Penyajian pembelajaran yang autentik dalam pembelajaran fisika menjadi pembelajaran yang diinginkan siswa dan mendapatkan persentase tertinggi sebesar 64,32%. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang diterapkan masih belum sesuai dengan keinginan siswa dan berdampak rendahnya nilai ulangan siswa. Secara tidak langsung, rendahnya nilai ulangan siswa menunjukkan bahwa penguasaan konsep Fisika siswa pada materi impuls dan momentum sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian maka diperlukan pembelajaran autentik seperti PBL dengan bantuan strategi Thinking map untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa

Keywords


thinking map; problem based learning (PBL); penguasaan konsep

Full Text:

PDF