ANALISIS PEMBELAJARAN DAN KESULITAN SISWA SMA KELAS XI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA

Anik Istyowati, Sentot Kusairi, Supryono Koes Handayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dan kesulitan siswa pada siswa kelas XI. Sampel terdiri 3 orang guru Fisika dan 100 siswa SMA kelas XII dari 5 SMA di Malang, yaitu SMAN 5 Malang, SMAN 7 Malang, SMAN 8 Malang, SMAN 9 Malang dan SMAN 1 Singosari yang sudah pernah menerima materi Fisika kelas XI semester 2. Instrumen dalam penelitian berupa angket survey yang berisi pertanyaan-pertanyaan dengan pilihan yang sudah disediakan dan wawancara. Data angket survey didapatkan dari jawaban yang telah diisi oleh siswa. Data wawancara  didapatkan dari jawaban guru Fisika. Hasil penelitian didapatkan bahwa kegiatan pembelajaran yang ada selama ini masih belum dapat menfasilitasi siswa untuk aktif di kelas. Penguasaan konsep siswa masih rendah, hal ini ditunjukkan dari hasil wawancara dengan guru bahwa masih banyak siswa yang remidi. Perlunya dilakukan penelitian terhadap pembelajaran yang memfasilitas kegiatan praktikum, diskusi, dan tanya jawab. Perlu dilakukan inovasi pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk memperbaiki penguasaan konsep siswa.

Keywords


Analisis pembelajaran; kesulitan siswa; penguasaan konsep

Full Text:

PDF