PENGEMBANGAN ELECTRONIC MODULE BERBASIS 5E LEARNING CYCLE PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN REAKSI REDOKS

Elcha Bagus Narendra Putra, Subandi Subandi, Endang Budiasih

Abstract


Pembelajaran kimia pada materi larutan elektrolit dan reaksi redoks menuntut pemahaman siswa dalam tiga ranah representasi yang saling berkaitan, yakni makroskopis, submikroskopis, dan simbolik. Namun pada implementasinya selama ini, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami mengaitkan antar ketiganya utamanya pada representasi submikroskopis, karena representasi ini bersifat abstrak. Salah satu alternativ untuk dapat memahami representasi submikroskopis dan keterkaitannya dengan kedua representasi lainnya adalah dengan menggunakan multimedia elektronik, sehingga konsep dan fenomena yang abstrak dapat dimodelkan dalam bentuk gambar dan animasi. Di samping itu urutan penyajian bahan ajar harus berjenjang sedemikian rupa sehingga mudah untuk dipahami. Untuk itu dapat digunakan metode 5e learning cycle yang juga telah memfasilitasi kegiatan inquiry dan membantu siswa dalam memahami proses sains. Kajian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia kimia dalam bentuk modul elektronik berbasis 5e learning cycle pada materi Larutan Elektrolit dan Reaksi Redoks.

Keywords


modul elektronik berbasis learning cycle

Full Text:

PDF