PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATAKULIAH STATISTIKA

Afiani Athma Putri Rosyadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan pemahaman mahasiswa PGSD setelah penerapan pembelajaran berbasis proyek pada matakuliah statistika.Statistika merupakan salah satu matakuliah yang termasuk dalam kurikulum dalam hampir setiap jurusan.Setelah menempuh matakuliah statistika, diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan melakukan kegiatan mengumpulkan data, menyajikan data, menganalisis data kemudian menyimpulkan dari hasil analisisnya tersebut. Pemahaman mahasiswa pada matakuliah statistika dapat dilihat dari kemampuan mahasiswa mengaplikasikan materi yang disampaikan pada kehidupan sehari-hari.Misalnya pada saat menyelesaikan.Pembelajaran Berbasis Proyek dirancang untuk digunakan pada permasalahan komplek yang diperlukan peserta didik dalam melakukan insvestigasi dan memahaminya.Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek ini, proses inquiry dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam multisiklus.Dalam penelitian ini, peneliti merancang metode penelitian yang meliputi, refleksi awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi, metode dan instrument pengumpulan data, dan analisis data.Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan PGSD semester 3 yang sedang menempuh matakuliah statistika.Objek penelitian ini adalah peningkatan aktivitas siswa, langkah-langkah, dan respons mahasiswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek.Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan pemahaman dari siklus I , II, dan III.  Pada siklus I skor mahasiswa 61 , pada siklus II skor mahasiswa 81 dan pada siklus III skor mahasiswa 95,25.  Peningkatan pemahaman disini dapat dilihat dengan adanya kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan konsep dan mengkaitkan konsep yang sudah diperoleh dalam menyelesaikan proyek yang disusun.Saran untuk penelitian selanjutnya adalah perlunya bahan ajar yang mendukung pembelajaran berbasis proyek. Hal ini dilakukan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran.

Keywords


Pemahaman; Pembelajaran Berbasis Proyek; Statistika

Full Text:

PDF