EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GUIDED-DISCOVERY LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MATERI SIMETRI MOLEKUL

Brian Anggriawan, Effendy Effendy, Endang Budiasih

Abstract


Simetri Molekul merupakan materi yang dianggap sulit oleh mahasiswa sebab untuk memahaminya dibutuhkan kemampuan membangun representasi internal bentuk molekul tiga dimensi dan memanipulasinya dalam ruang yang baik. Berdasarkan hal tersebut, beberapa peneliti telah membangun multimedia yang spesifik dirancang untuk membantu mahasiswa memahami materi Simetri Molekul dengan mudah. Namun, penyampaian uraian materi Simetri Molekul dalam multimedia tersebut umumnya bersifat informatif sehingga mahasiswa bersifat pasif saat kegiatan pembelajaran. Penggunaan multimedia interaktif berbasis guided-discovery learning diduga mampu mengatasi pemasalahan tersebut karena mampu menampilkan multirepresentasi terhadap konsep kimia serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk aktif mengeksplorasi konsep dan membangun pemahamannya secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan penerapan multimedia interaktif berbasis guided-discovery learning dengan multimedia interaktif berbasis expository instruction dalam mengembangkan pemahaman mahasiswa terhadap materi Simetri Molekul. Penelitian dilakukan menggunakan rancangan eksperimen semu dengan 72 mahasiswa sebagai sampel. Instrumen tes pemahaman materi Simetri Molekul yang digunakan memiliki tingkat validitas isi sebesar 94,2% dan koefisien reliabilitas berdasarkan uji Alpha Cronbach sebesar 0,843. Analisis data dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman materi Simetri Molekul mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia interaktif berbasis guided-discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia interaktif berbasis expository instruction.

Keywords


guided-discovery learning; multimedia interaktif; simetri molekul

Full Text:

PDF